Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Halo gan, kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai Pengertian Web Server dan Cara Kerja Web Server. Web Server adalah Sebuah server yang melayani permintaan halaman web dalam bentuk tag-tag html yang dikirimkan dari server ke client melalui media browser. Web server ini melayani permintaan halaman Web (Http Request) dan akan memberikannya ke client (Http Response). Jika request sudah selesai, maka web server akan memutus koneksi.

Gambaran Cara kerja Web server Kurang lebih seperti dibawah ini:
Cara Kerja Web Server

Kemudian ada istilah http dan https, apakah perbedaan dari keduanya?

Sebenarnya http dan https adalah hal yang sama yaitu sama-sama protokol untuk mengakses web. Namun yang membedakannya adalah port dan sistem/metode yang digunakan.
– HTTP: (Hyper Text Transfer Protocol) berjalan dengan mode standar menggunakan port 80 dan keamanannya pun tidak terjamin.
– HTTPS: (Hyper Text Transfer Protocol Secure) berjalan dengan mode SSL melalui port 443 and dilindungi oleh certificate SSL sehingga koneksi antara client dan server menjadi lebih aman.

Bisa dibilang Website (Web server) merupakan “Wajah” dari Internet karena jika kita terhubung ke internet, maka hal yang paling banyak kita lakukan adalah mengunjungi suatu Situs.

Hal tersebut memang hal yang umum terjadi ketika kita terhubung atau memiliki koneksi internet. Biasanya kita akan langsung membuka halaman-halaman website yang kita sukai seperti social media, portal berita, email, forum, dan lain sebagainya. Selain itu, halaman website akan memudahkan kita untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan dengan mudah. Selain itu Website juga bisa menjadi bahan referensi kita dalam melakukan suatu penelitian. Karena banyak hal yang dibagikan oleh orang orang di Internet.

Aplikasi aplikasi yang dapat  berfungsi sebagai web server adalah sebagai berikut:
– Apache
– Nginx
– Lighttpd
– IIS
– Tomcat

Jika anda tertarik dan ingin membuat Web Server sendiri, silahkan mengunjungi link berikut untuk tutorial bagaimana cara membuat Web Server di Linux: https://sabtoxandros.wordpress.com/2012/03/21/membangun-web-server-dengan-centos/

Sekian pembahasan mengenai Pengertian Dan Cara Kerja Web Server dan semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang membutuhkan supaya bisa bermanfaat untuk banyak orang 🙂

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

, , , , , , , ,

About Author