Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Pada kesempatan kali ini saya ingin sharing mengenai bagaimana Cara Mengetahui Lokasi IP Address. Terkadang ketika kita sedang melihat log dari suatu system entah dari website, server, network device, dan lain lain, kita akan melihat beberapa IP yang pernah mengakses system tersebut. Pertanyaan yang sering muncul adalah “IP tersebut dari negara mana?” atau “IP tersebut ada di mana?”

Berikut contoh log SSH dari sebuah server:
Apr 29 03:28:11 srv1-xandros sshd[16720]: Accepted keyboard-interactive/pam for root from 46.221.5.27 port 60931 ssh2

Dari log diatas, seseorang dengan IP 46.221.5.27 telah login ke server menggunakan SSH. Lalu kita ingin mengetahui dari negara mana dan dari kota manakah IP nya berasal. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita bisa menggunakan tools IP Finder dari website https://www.iplocation.net

Pertama kita bisa mengunjungi halaman web iplocation.net. Kemudian tinggal kita masukkan saja IP yang ingin kita cari. Berikut adalah contohnya:
Cara Mengetahui Lokasi IP Address

Setelah memasukkan IP address nya, kemudian klik “IP Lookup”. Maka dia akan mencari dari manakah IP nya berasal berikut dengan detailnya. Dibawah ini contoh dari hasil pencarian:
Cara Mengetahui Lokasi IP AddressDari hasil diatas menunjukkan bahwa IP 46.221.5.27 berasal dari Negara Turki, Region nya Istanbul, Kota Maslak. IP tersebut menggunakan Provider Vodafone Net DSL atas nama organisasi Vodafone Telekomunikasyon A.S. Berdasarkan informasi tersebut sudah cukup jelas dari mana negaranya, kotanya, bahkan Provider yang digunakan.

Beberapa manfaat jika kita mengetahui lokasi dari sebuah IP address:
– Mengklasifikasikan pengunjung website. Dari Negara/Kota mana yang paling banyak berkunjung
– Menentukan apakah IP tersebut memang terdaftar dalam authorized list visitor atau bukan. Jika bukan maka kita bisa mem-block IP tersebut.
– Mengetahui lokasi attacker yang menyerang system kita berdasarkan IP address nya
Dan masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapat.

Sekian pembahasan mengenai Cara Mengetahui Lokasi IP Address. Semoga bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang membutuhkan supaya bisa bermanfaat untuk banyak orang 🙂

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

 

, , , , , ,

About Author